Teknik 100 persen lolos wawancara kerja

Siapa si yang tidak ingin lolos wawancara kerja, apalagi perusahaan itu impian banyak orang, lalu apa saja yang harus dipersiapkan dalam wawancara kerja simak ya

1. Background perusahaan

Pelajari latar belakang perusahaan, perusahaan ini bergerak dibidang apa? Visi misi perusahaan ini apa aja, baik dari kegiatan luar seperti CSR atau kegiatan wisata karyawan, karena dengan melihat ini kita bisa memiliki sudut pandang tentang budaya perusahaan baik didalam ataupun diluar, jadi bener-bener kita melamar harus mengetahui dibidang apa perusahaan itu berjalan.

2. Cek kualifikasi

Nah disini kalian harus mencocokan kualifikasi yang dilamar dengan skill kita, apa yang dicari perusahaan sehingga hal tersebut relevan dengan kemampuan kita, poin poin permintaan skill harus di cermati, jangan sampai yang kita lamar berbeda dengan background pendidikan yang kita jalani, hal ini tentu tidak disukai oleh staf rekrutmen.

3. Berlatih depan cermin

Berlatih menguasai publik speaking itu perlu, jadi pas wawancara kita tidak grogi, usahakan kalian belajar hal hal secara prediksi yang akan ditanyakan, seperti, ceritakan tentang diri anda? Kalian harus menceritakan background pendidikan, singkat saja, dan usahakan topik nya relevan dengan kebutuhan yang dilamar, kuncinya seperti ini  kenalkan nama kamu (your name), kamu memmiliki skill di bidang apa ( your job tittle), dan pengalaman terakhir, serta pencapaian yang sudah kamu raih ada lagi pertanyaan, mengapa anda tertarik dengan perusahaan ini?  Ada beberapa pertanyaan yang sulit seperti berapa gaji yang anda harapkan?  Semua pertanyaan itu kalian mampu menjawab dengan tegas, singkat dan padat, jangan menggring opini atau kritik yang tidak perlu.

baca juga: buku ini memperbaiki mood jelek anda

4. Berpakaian rapi profesional

Perhatikan, bahwa orang lain lihat pertama kali adalah cara berpakaian kita, ketika terlihat profesional maka, orang lain akan memberikan kesan positif terhadap kita, jadi usahakan ketika kalian berangkat wawancara usahakan memakai pakaian profesional contohnya kemeja yang rapih sepatu yang bersih, rambut yang ditata rapih dan badan terlihat proposional. Jika kesan pertama sudah dapat, maka ini modal bagus untuk keberlanjutan sesi wawancara, jadi perhatikan cara berpakaian anda.

5. Berlatih sikap

 Berlatih sikap juga penting loh ini kaitanya sama etika sikap norma-norma di masyarakat, seperti di indonesia lebih sering ketika kita bertemu orang baru tundukan kepala dikit dan memberi salam hangat, kemudian ucapkan awalan yaitu terimakasih karena sudah diberi kesempatan wawancara, dan terakhir tak lupa juga berterima kasih kembali atas wawancara yang sudah dilakukan, hal ini memberi kesan positif kepada HRD yang akan merekrut kita, bawah sikap kita dapat dicontoh nantinya untuk karyawan lain dan menimbulkan efek yang positif.

6. Ikuti perkembangan

Sesudah semua sesi wawancara dilakukan, maka kalian follow up, kalian harus menunggu maksimal 2 Minggu, jika kalian tidak mendapat kabar, kalian perlu tanyakan kepada HRD perusahan tersebut, tentang keberlanjutan nasib kita, karena jangan berhenti lama-lama di satu tempat, kalo sudah dapet kabar ditolak kita harus loncat ke perusahaan lainya, jadi dengarkan pengumuman sampai tuntas, jika perlu tanyakan alesan kenapa menolak untuk merekrut anda, sebagai bahan evaluasi untuk wawancara berikutnya.

Oke beberapa hal diatas patut kalian pelajari supaya wawancara yang dilakukan lancar dan sukses amin.

Posting Komentar

0 Komentar