PNS emang Nikmat, Tapi Sistem yang kejam, masih mau ikut?

Tahun 2023 pengalaman pertama mengikuti CPNS (calon pegawai negeri sipil), mari kita lihat mengapa karir menjadi PNS sangat diminati? Mimin sendiri alasannya karena gaji yang stabil dan hari libur yang enak. Memang menjadi PNS sangat nikmat, diluar kenikmatan itu, ternyata kita harus bersaing dengan ratusan ribu peserta yang terdaftar, bisa di bilang hanya orang yang memiliki originalitas kepintaran yang mampu lolos Tes by Tes yang dijalankan, mangkanya ada yang bilang jika daftar PNS hanya sekedar "hoki-hokian" kalau dapat di ambil, jika tidak, yasudah bagaikan angin lewat.

Belum cukup disitu, banyak persyaratan yang harus kalian siapkan, dan tentunya kalian harus menyiapkan modal ratusan ribu, Yap slogan dari pemerintah CPNS gratis, emang benar gratis, tapi alat-alatnya yang berbayar, contoh apa saja yang Mimin siapkan waktu daftar kemaren, ada SKCK, surat tes narkoba, sertifikat komputer, dan berkas -berkas ijazah serta materai yang harus dibeli secara online. Terkhusus materai ini agak aneh kenapa harus beli online? Atau karena ini bisnis pemerintah? Karena setau Mimin semua materai ada hukum yang aktif, jadi harusnya di toko fotocopy biasa bisa dibeli tanpa direkomendasikan dari situs SSCASN, kalo ditanya berapa sih yang Mimin keluarkan waktu kemarin itu total 500 ribuan, ini Mimin kalkulasikan ternyata yang paling mahal adalah mengurusi surat bebas narkoba dan ikut kursus Microsoft office untuk mendapatkan sertifikat sebagai salah satu syarat pendaftaran CPNS.

Dibilang ribet iya, dibilang menguras budget iya, lantas apakah Mimin puas? Tentu tidak.

Ibaratnya begini, kalian sudah menyiapkan alat tempur perang, tapi pelurunya tidak ada, jadi bagaimana harus menang? Kondisi Mimin se-waktu mendaftar CPNS memang kurang persiapan, hanya kurang satu bulan Mimin melakukan tes dari pengumuman hasil pemberkasan, jadi emang udah prediksi sebelumnya pasti tidak lolos.

Kenapa sudah tau prediksi tidak lolos tapi masih ikut? Lagi-lagi tuntutan mulut saudara dan keluarga, mereka juga menasehati takut-takut lolos, sama kayak "siapa tau hoki"

Benar saja hasil tes SKD itu tidak lolos, yah mau ngeluh gimana, belajar aja kurang. Tapi yang Mimin tau yang lolos pun harus melalui sistem perangkingan gitu, jadi emang perlu berdoa benar-benar agar diberikan kemudahan

Baca juga: Susah Senang dalam Berwirausaha

Tips dari Mimin, jika kalian emang sangat ambisius menjadi PNS maka, belajar yang giat butuh belajar bertahun-tahun hingga bisa menghadapi tes dan lolos, jadi kelelahan kalian jika lolos maka terbayar dengan kemewahan karir PNS yang dimana gaji selalu tepat waktu, libur teratur, dan jam kerja yang fleksibel.

Oh iya buat penyemangat kalian, Mimin bagikan judul film yang menginspirasi perjuangan sebagai abdi negara judulnya yaitu 12 th fail, merupakan film ini yang sangat menginspirasi mnceritakan perjuangan pemuda untuk menjadi ASN

Posting Komentar

0 Komentar