Tips Singkat Menemukan Judul Skripsi

Hallo, selamat sore, kali ini Mimin akan membahas bagaimana menemukan judul skripsi dengan mudah, hal ini masih banyak yang bingung, walaupun sudah semester akhir, tapi disini Mimin mencoba mambantu reflek kalian untuk ber-ide oke bagaimana menemukan judul skripsi

1. Jurnal

Nah, kalian bisa mencari lewat jurnal-jurnal ilmiah, seperti cari di google scholar, atau publikasi di situs kampus kalian. Membaca jurnal itu penting untuk memetakan kondisi dan ruang lingkup apa permasalahan yang sering terjadi, lalu bonus kalian secara tidak langsung sudah mempelajari alur penulisan karya ilmiah yang nantinya sangat berguna untuk mengerjakan skripsi. Selain itu kalian bisa mempelajari metode, rumusan masalah, latar belakang, pembahasan, serta penutup. Tak lupa kalian bisa mengingat teori yang digunakan, bila perlu di catat, ini sangat berguna untuk alat pengujian penelitian.

2. Studi Lapangan

Coba lah kalo lagi libur kuliah, kalian studi lapangan, studi lapangan adalah mengunjungi lokus/tempat yang potensial dijadikan penelitian skripsi, studi lapangan berguna, sebagai pra-penelitian, nah disini tugas kalian itu menukan masalah, atau simplenya gini, kalo kalian yakin teori A sudah benar, dan seperti yang seharusnya, maka seharusnya dilapangan juga sudah benar, tetapi kadang ini berbalik, seperti ada ketidaksesuaian dengan teori yang ada, maka kalian harus mencari, kenapa hal itu bisa menyimpang dan terjadi masalah? Karena pada dasarnya membuat skripsi adalah ketika terjadi masalah, jadi cari masalah sebanyak mungkin.

3. Baca Buku

Nah ini juga yang akan melancarkan kalian dalam menemukan judul skripsi, kalian harus banyak baca buku, tentu buku-buku ilmiah, karena skripsi murni ilmiah, bukan hasil ngarah dari khayalan. Buku ini akan menjadikan otak kita reflek, terhadapan situasi luar, coba saja ketika kita kelapangan, reflek ingatan kita muncul setalah membaca buku B atau buku C, karena seperti pepatah kita berperang harus menyiapkan alat, nah buku adalah salah satu alat kita yang penting. Jadi coba pelan-pelan, salurkan energi kita untuk membaca buku, 5 lembar dalam 1 hari, dan dilakukan secara konsisten, insyaallah judul skripsi akan sangat mudah ditemukan.

4. Ikut Seminar

Ini juga bisa menjadi tempat kalian, untuk menemukan sebuah judul, ikutilah seminar, biasanya seminar juga mengungkap permasalahan yang terjadi, ini bisa menambah wawasan studi lapangan juga, bawah sudah terjadi permasalahan D dan penyebabnya A,B,C,D, nah ini berguna sebagai catatan saja, ketika kalian studi lapangan, pengalaman yang kalian dapat dari seminar itu bisa diterapkan di tempat studi kalian.

Penutup

Oke, beberapa hal diatas sangat berguna, untuk kalian lakukan, mulai hari ini, coba jangan meminta judul secara instant kepada siapapun, dan cobalah mencari dari sebuah permasalahan. Kita bertemu di artikel selanjutnya.

 

Posting Komentar

1 Komentar