Tips Sidang Skripsi dapat Nilai Bagus

Sidang Skripsi


Haloo, di kesempatan kali ini Mimin akan memberikan tips-tips agar sidang skripsi mendapat nilai A, sidang skripsi adalah momen terakhir kita untuk menjelaskan hasil penelitian kita kepada dosen penguji, disini juga tanda berakhirnya kuliah kita selama 4 tahun, lalu agar sidang mendapat hasil yang memuaskan, bagaimana caranya? Simak ya!

1. Topik

Pertama, kalian harus memilih topik skripsi yang kalian kuasai, misal tentang kebijakan publik, gaya, kepemimpinan, motivasi kerja, atau topi yang suka kalian ikuti, pentingnya disini adalah jika kalian sangat suka pada topik yang dibahas. kalian mempunyai energi dan mood yang bagus untuk melakukan segala aktivitas penelitian hingga sidang skripsi. Topik yang disukai sangat penting.

2. Jangan Membantah

Ini penting sekali, jangan suka membantah, maksudnya jika waktu sidang, kalian sedang diberikan solusi, jangan membantah bahwa, ya g dikatakan dosen itu salah, dan kalian berpegang teguh pada prinsip kalian, ingat ya, skripsi itu mempunyai celah untuk dikritik oleh orang lain, sebagus apapun skripsi kita, jadi cukup diterima untuk bahan perbaikan, kebanyakan kalo mahasiswanya ngeyel yang dibilang oleh dosen, nilainya pun akan menurun.

3. Jangan Menghafal

Skripsi itu bukan untuk dihafal, tapi harus dipahami, ketika ditanya dosen terhadap penelitian kita, kalo dihapal, kalian akan kesulitan menjelaskannya, karena kalian tidak tahu secara sistematis, apalagi pertanyaan yang diajukan sangat kritis, disini kalian akan digempur habis-habisan sama dosen. Jadi seluruh isi bagian skripsi harus dipahami yah...

4. Berlibur

Nah ini tips mungkin yang jarang dilakuin oleh mahasiswa ketika mereka ingin menghadapi sidang skripsi, banyak malah yang menghafal dan mempelajari skripsi sampai lupa istirahat dan berlibur dengan cukup, jika ke-esokanya atau lusa kalian sidang, coba kalian berlibur, untuk merefresh pikiran kalian, ini seperti rilexsasi pikiran, ini penting banget pas hari dimana sidang dilakukan, kalian bisa menghadapi dengan ketenangan

Baca Juga: Alur Lengkap Pembuatan Skripsi Pemula

5. Jelaskan Secukupnya

Ingat, skripsi itu memiliki nilai inti disetiap sub topiknya, jadi jangan sampai keluar dari topik, dibanding keluar dari topik yang nanti malah tidak jelas, cukup pindah topik ke bab selanjutnya atau sudah diselesaikan. Malah jika pembahasan kita sudah keluar dari topik skripsi, ini membuat kita kesulitan dan membingungkan

6. Berdoa

Terakhir adalah berdoa, ketika usaha sudah kita lakukan, alangkah baiknya kita berpasrah kepada Tuhan agar dilancarkan untuk proses sidang skripsinya, karena usaha harus disertai dengan doa.

Penutup

Itu saja yang ingin Mimin bahas tentang, tips sidang agar mendapat nilai A, nah Mimin doakan supaya yang akan menjalani sidang skripsi, selalu dilancarkan, yang skripsinya belum selesai, selalu diberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan penelitiannya. Terimakasih, kita bertemu diartikel selanjutnya.

 

Posting Komentar

0 Komentar