Tips Lancar Sampai Lulus, Kuliah sambil Kerja

Lagi gempar soal UKT naik, dan banyak mahasiswa yang keberatan soal ini, tidak hanya mahasiswa, melainkan beban orang tua yang harus extra lebih membiayai anaknya mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Beberapa emang masih murni ada yang di biayai langsung oleh orang tua, tapi tidak sedikit mereka melakukan pekerjaan sampingan dengan berkuliah, tentunya mahasiswa ini spesial, karena disisi lain dia bekerja, disisi lain dia berusaha mencari jati dirinya untuk berkuliah, lantas apa saja yang harus diperhatikan ketika kuliah sambil kerja.

1. waktu

Mahasiswa kuliah sambil kerja harus membagi waktu dengan efektif dan efisien, jangan sampai waktu itu meleset dan tertunda hingga berjam-jam, misalnya membagi waktu antara jam pulang kantor, dan kuliah, membagi waktu mengerjakan tugas kuliah dan tugas kantor, tapi alangkah baiknya jika diberi waktu senggang, manfaatkanlah hal itu untuk mengerjakan tugas yang menunggu, walaupun deadline nya masih panjang. Membagi waktu ini sangat penting, untuk keharmonisan kita antara kerja dan kuliah, jadi kalian harus memetakan waktu rutinitas.

2. istirahat

Istirahat juga hal yang penting, yang harus diperhatikan, jadi pergunakan waktu istirahat sebaik-baiknya, jangan sampai badan kalian drop, dan harus dirawat, ini akan menghambat, pekerjaan dan kuliah kalian tentunya, usahakan makan yang cukup dengan bergizi, jangan lupa dibarengi olahraga, dan tidur tepat waktu, jangan begadang, boleh sesekali jika hal urgent, saja selebihnya kalian harus tidur sesuai waktunya dibawah jam 12 malam.

3. keuangan

Kalian harus pintar menejemen uang, sisipkan kebutuhan kuliah, kebutuhan hidup, dan kebutuhan kerjaan, dan selalu cek keuangan semester, menejemen keuangan kalian sangat penting disini, jangan sampai ketika tiba pembayaran, uang kalian tidak cukup, atau tidak ada, ini akan sangat menghambat di segala hal, dari waktu, ilmu, dan berefek kepada motivasi kalian dalam berkuliah.

4. Teman

Mempunyai teman yang mengerti kondisi kita itu suatu nilai tambah, kita tidak memanfaatkan, ketika kita sibuk dan minta tolong, tetapi sebagai mahasiswa yang bekerja, mempunyai teman ini hal yang harus diperhatikan , jangan karena kalian terlalu sibuk, kalian tidak sempat bersosialisasi di dunia kampus, jadi mencari teman, bisa membantu kita dalam bertukar sudut pandang tugas, teori dan proyek-proyek kampus lainya, kita akan bersinergis antara dunia kampus, kerja, dan kehidupan kita, istilahnya lebih berwarna. Jadi carilah teman, tidak banyak, tapi yang tau kondisi dan mau membantu kita saling timbal balik.

kesimpulan

Kuliah dan kerja kita harus bijak mengelola waktu dan biaya, semua harus diperhitungkan agar efektif dan efisien, lalu kita dapet memperoleh gelar sarjana dan kesuksesan di dunia kerja

Posting Komentar

0 Komentar