Sebuah ucapan terima kasih dalam pelayanan

Dini hari pagi, gue kedatangan teman, dan dia menanyakan perihal pelanggan atau yang makan di warung pecel lele ini, lo Nemu pelanggan seperti apa? Lalu gue jawab bermacam-macam, ada yang datang dalam keadaan bad mood, ada yang cuek dan ada yang sangat responsif, lalu gue menjawab, seperti layaknya melayani, menurut gue ada satu ucapan yang benar-benar orang itu puas, lalu teman gue bertanya, apa itu? Yaitu ucapan terima kasih

Terkadang kita lupa, atau suka menoleh seolah sebuah ucapan terimakasih tidak ada manfaatnya, ucapan terima kasih adalah suatu bentuk dari pelayanan, bahwa mereka puas dan menikmati apa yang kita sajikan, ada rasa yang sangat bergembira ketika kita mendapatkan ucapan "thanks you"

Teringat di dalam film hacksaw, dimana desmond adalah seorang yang bertugas sebagai medis militer, dan dia menolong siapa saja yang terluka, termasuk tentara musuh, dia berkata, ketika menolong dan dibales sebuah senyuman itu sudah cukup, bayangkan anda menolong nyawa orang, dan hanya dibales sebuah senyuman, dengan arti, sudah dia itu sangat setimpal membayar dengan senyuman, ini sebuah kerendahan hati yang dimiliki manusia.

Lalu ketika kita mengunjungi sebuah rumah sakit, atau perpustakaan, tempat perbelanjaan, bahkan ada displang di perbatasan daerah membentuk suatu ucapan terimakasih ketika pengendara-pengendara meninggalkan tempat tersebut. Ucapan ini sebagai bentuk pelayanan, kepada masyarakat. Ini sebagai bentuk humanis dalam segi pelayanan apapun. Petugas pengamanan, teller bank, selalu memberi senyum dan terimakasih, bedanya adalah kita melakukan ucapan itu dengan sepenuh hati atau hanya formalitas belaka.

Selayaknya orang lain, dibagian pelayanan, berterima kasih berarti berdampak pada kinerja kita, itu sebuah balasan, bahwa kita sangat berhati-hati dan apa yang kita lakukan sesuai rasa kemanusiaan. Benar kemanusiaan, tidak ada yang lebih tinggi dari pada hal itu.

Baca Juga: Memulai wirausaha dan Kuliah sebuah perjalanan

Terkadang sikap seseorang tidak sama dengan kita, layaknya gue yang bekerja sebagai pelayan, sudah sesuai standar gue harus melayani dengan ramah tamah, itu tidak hanya dilakukan ketika kita bekerja, mungkin bisa jadi di rutinitas kita yang lain. Tidak berarti kita sangat menunggu sebuah ucapan terimakasih, hanya saja ada beberapa orang yang harus memulai, Yap, maka sikap tersebut harus dimulai dari kita.

Selayaknya, kita harus berfikir bahwa itu adalah bukan suatu pondasi yang harus dilakukan dan wajib, hanya saja itu memang harus dilakukan demi humanity, tidak perlu orang lain berucap terimakasih, itu harus dimulai dari diri kita. Ada rasa nyaman dan semua baik-baik saja ketika mengucapkan hal tersebut

Membentuk mood dan vibes yang positif bisa dimulai dari ucapan terima kasih, walaupun hanya sekedar ucapan, tetapi jika dilakukan dengan senyuman serta kenyaman hati, maka ini akan membentuk energy yang baik untuk diri kita dan orang di sekitar kita. Jadi jika kita membantu atau merasak terbantu walaupun kita membayar untuk jasa tersebut, jangan lupa ucapkan terima kasih

Posting Komentar

0 Komentar