Alur Lengkap Pembuatan Skripsi Pemula


Halo kalian para mahasiswa, gimana kuliahnya? Sudah sampai mana? Apa sudah dalam tahap pengenalan skripsi? Untuk kalian ketika sudah ditahap pengenalan atau membuat proposal skripsi, kalian harus paham alur pengerjaan skripsi, skripsi itu dibuat berdasarkan sistematis, dari judul, latar belakang, tinjauan pustaka, metode penelitian, pembahasan, serta kesimpulan, nah semuanya ini terhubung menjadi kesatuan, jadi jika metodenya salah, maka BAB yang lain juga akan terkena efeknya. Disini Mimin akan menjelaskan lebih detail dari alur yang pertama

1. Urgensi

Yup, apa urgensinya anda meneliti, kenapa hal tersebut sangat layak untuk dilakukan, ada apa kaitannya dengan pembaharuan penelitian yang terdahulu? Yap skripsi dimulai dari masalah, dan pertanyaan-pertanyaan yang sangat kritis. kalian harus menentukan permasalahan inti dan buatlah judul yang dengan kesatuan ruang lingkup yang ada, skripsi harus dimulai dari permasalahan disini kalian akan membuat judul terlebih dahulu. 

2. Latar Belakang

Nah setelah judul sudah ditentukan, selanjutnya kalian membuat latar belakang, latar belakang ini memuat permasalahan yang ada, kuncinya adalah, terdapat gap teori dengan kenyataan. dilatar belakang ini biasanya menguraikan dari gambaran umum ke khusus, jadi bersifat deduktif. Kalian harus dapat menggali permasalahan sebanyak mungkin, dan uraikan kenapa berbeda dengan teori yang ada. Kalian juga bisa memasuki beberapa teori sebagai pendukung saja. 

3. Tinjauan Pustaka

Skripsi

Tinjauan pustaka ialah penelitian terdahulu dengan tema yang sama tetapi topik berbeda, kalian bisa memasukan ringkasan jurnal-jurnal yang sudah kalian dapatkan, dan dimasukkan kedalam tinjauan pustaka, biasanya tinjauan pustaka ini wajib 5 jurnal dan 10 referensi judul buku, jurnal yang dipakai 5 tahun terakhir, kalo bisa yang terbaru, biar tidak jadul, dan ada pembaharuan secara lintas waktu yang singkat. Nah selain jurnal, kalian bisa masukan buku-buku sesuai dengan pembahasan atau topik permasalahan judul skripsi kalian. Yap sama dengan jurnal, buku-buku yang dipakai harus edisi terbaru, dan pengarang yang di percaya.

Baca Juga: Tips Positif Kuliah Sambil Kerja

4. Metodelogi Penelitian

Skripsi

Nah metode penelitian ini adalah, alat yang dipake dalam uji lapangan, terdapat dua metode kuantitatif dan kualitatif, dan didalamnya terdapat alat ukur yang yang berbeda-beda, contoh di kualitatif ada teknik snowball, teknik wawancara dan dokumentasi, contoh kuantitatif ada, populasi dan sampe, ada rumus slovin. Nah kalian bisa memakai antara kualitatif dan kuantitatif, tentunya pemakaian ini ditentukan dari judul kalian.

5. Pembahasan

Pembahasan disini yaitu hasil dari pengumpulan data dilapangan, kan kita sudah memakai metode yang digunakan, dan mendapatkan hasilnya, lalu uraikan secara originalitas, tidak di ubah-ubah sesuai keinginan di pembahasan, pokoknya di sini menguraikan secara fakta apa adanya yang didapat di pembahasan, nah masih di bab yang sama kalian harus mengisi hasil penelitian

         5.1 Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini, adalah ramuan, atau racikan yang final dari pembahasan diatas, istilahnya kalian menjabarkan hasil temuan dilapangan dengan bahasa ilmiah, yang menentukan hasil akhir judul kalian, arah anginya kemana, disini pasti hasilnya berbeda-beda dan bermacam-macam gaya pembahasan, tergantung topik kalian.

6. Kesimpulan

Nah kesimpulan adalah penutup akhir dari skripsi kalian, disini kalian harus menjelaskan hasil akhir skripsi kalian secara ringkas saja.

7. Daftar Pustaka

selanjutnya di lembar baru buatlah daftar pustaka, sumber kajian skripsi kalian, kalian dapet sumber dari buku, jurnal, media masa, semua ditulis disini tentu dengan kaidah yang benar misal begini

Sugiyono. 2021.Metode penelitian kuantitatif. Jakarta, Gramedia pustaka

Kurang lebih  begitu, gunanya daftar pustaka ini bahwa skripsi kalian ini absah dan dan dapat dipertanggungjawabkan isinya. kemudian kalian juga bisa menambahkan di halaman baru dokumentasi, dokumentasi ini bisa berisi, foto-foto kamu dengan infoman, atau kegiatan kamu ketika kamu melakukan penelitian. 

Penutup

Oke, Mimin sudah menjelaskan sistematika dalam mengerjakan skripsi, silahkan anda tinggal mem-praktekan, kalo ada yang masi kurang jelas kalian bisa komen yah, terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar