Lebih Asyik Membaca Buku dengan Kegiatan ini

ternyata membaca buku selain sendirian, ada yang lebih asik dan membuat kita menambah wawasan, lalu dengan kegiatan apa agar membaca buku asik, mari

        Hobi membaca adalah sebuah kebaikan dalam hidup, hobi membaca menjadi kita lebih ber-pengetahuan. Membaca buku dengan keadaan sunyi akan menambah daya konsentrasi kita, biasanya dilakukan diperpustakaan, karena perpustakaan terdapat sebuah larangan  “dilarang berisik” . ternyata tidak hanya ditempat sunyi yang dibutuhkan dalam membaca sebuah buku, keramaian-pun menjadi hal unik dalam menjelajah sebuah buku. Seperti apa keramaian tersebut? 

1. Kelompok pen-cinta buku

komunitas buku
                              Sumber gambar: www.x.com

        Pernahkah kalian Ketika membaca sendiri tanpa teman, rasanya ada yang kurang menarik. Seperti tidak ada lawan membaca untuk mendiskusikan suatu buku. Hal tesebut bisa diselesaikan dengan membuat suatu kelompok khusus membahas tentang buku. Pertama cari teman dekat yang sama dengan hobi membaca buku, jika terdapat kesulitan mencari teman sehobi, coba cari di sosial media baik instagram, tiktok, atau X, cari di komunitas tentang buku, maka kalian bisa menemukan pengikut yang sama-sama hobi membaca buku Ketika semua sudah berkumpul, silahkan satu per-satu dari masing-masing menceritakan, buku yang sudah dibaca, atau sedang proses dibaca kepada yang lain. Ini akan semakin seru, kita bisa mengetahui buku-buku baru dan menarik, dan kita bisa memperoleh informasi baru dari teman sehobi kita. Kemudian buatlah jadwal pertemuan kembali, dan ceritakan kisah masing-masing dalam membaca buku.

2. Bedah Buku

          Membaca buku semakin asyik jika kita mengunjugi bedah buku, apa itu bedah buku? Bedah buku adalah, suatu kegiatan baik offline maupun online, untuk mengulas secara keseluruhan dari buku, baik sampul, bahasa, isi, gaya penulisan, kertas. Biasanya membedah buku ini dilakukan oleh penulis buku, tentu pendengarnya ialah para penikmat buku, maka untuk yang gemar membaca


Bedah Buku
   Contoh acara bedah buku sumber : www.X.com

buku, ini sangat menarik untuk diikuti. Kalian akan mengetahui lebih jauh tentang buku, tentu akan menambah pengetahuan yang baru. Dan lagi kita berkesempatan bertanya dan meng-kritisi seputar buku tersebut dari penulisnya langsung. Selain itu, kita bisa menemukan teman baru yang sama-sama gemar membaca buku. Apalagi jika kalian sedang menulis sebuah buku, dan menghadiri acara buku, ini akan sangat menarik.   


3. Kencan Buku (Bookdate)

Bookdate
   Sumber Gambar: www.X.com

             Kalian tahu kencan buku? Bukan buku sedang berkencan loh yah. Kencan buku atau Bookdate adalah kegiatan membaca buku dengan pasangan kalian, jadi Ketika mempunyai pasangan dengan hobi yang sama, itu adalah nilai tambah tersendiri. Nah, kalian bisa memanfaatkan kesamaan hobi tersebut untuk berkencan dalam lingkup membahas suatu buku. Kalian bisa bertukar pikirian dalam setiap BAB buku yang kalian baca dengan pasangan kalian, itu sangat asyik, kemudian kalian bisa menjelajah perpustakaan-perpustakaan dan mencari buku yang ingin kalian bahas, kalian bisa saling bertukar kosa-kata dalam buku yang tidak kalian mengerti kepada pasangan kalian. Tentunya ini bisa menambah romantis dan menambah wawasan kalian tentang suatu buku.  

Kesimpulan

Lebih asyik membaca buku dengan orang lain selain diri kita, kita bisa saling mengoreksi isi buku, bertukar pendapat, menambah pengetahuan baru, dan tentu bonus yaitu mendapat teman baru. 

Seperti kata dari rocky gerung “pikiran, akan disebut sebuah pikiran bila dipetengkarkan”.

Sember Referensi:

https://pengadaan.penerbitdeepublish.com/bedah-buku/ 


Posting Komentar